a. Apa itu OOP?
Dalam bahasa Indonesia, OOP diartikan
sebagai pemrograman berarah atau berorientasi objek. OOP sendiri merupakan sebuah metodologi dalam
pemrograman yang diciptakan untuk memodelkan kasus-kasus nyata kedalam sebuah
objek. Sebagai ilustrasi, coba bayangkan
seorang pelukis yang sedang menggambarkan buah apel diatas kanvas. Disini,
gambar apel tersebut merupakan model dari buah apel. Gambar tersebut memi;iki
sifat-sifat yang dimiliki oleh buah apel sebenarnya, seperti bentuknya yang bulat
dan warnanya yang merah ataupun hijau. Yang jelas objek tersebut akan
menggambarkan keadaan buah apel sebenarnya. Begitu juga dalam pemrograman,
apabila seorang programmer mendeklarasikan sebuah objek (misalnya manusia),
maka ibjek tersebut harus bisa memiliki data-data dan sifat-sifat yang dimiliki
oleh manusia. Metode seperti inilah yang dinamakan dengan pemrograman berorientasi
objek atau OOP.
b. Apa itu Objek?
Objek
merupakan sesuatu yang dapat memodelkan atau menyederhanakan
permasalahan-permasalahn yang terjadi didalam dunia nyata. Namun secara
spsesifik dalam pemrograman objke adalah sesuau paket yang merupakan kumpulan
data dan perilaku. Sebagai contoh, objek
manusia memiliki data-data seperti tinggi badam, berat badan, warna kulit,
bentuk rambut dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan perilaku yang dimiliki
oleh manusia misalnya cara berjalan, logat berbicara maupun lainnya.
Dalam pemrograman, data-data didalam
objek akan direpresentasikan dengan variable maupun konstanta sedangkan perilaku
akan direpresentasikan dengan prosedur atau fungsi yang kemudian akan disebut method.
Objek berbeda dengan record. Sebuah
record hanya dapat memiliki data atau field saja, artinya record tidak dapat
memiliki kelakuan (prosedur maupun fungsi). Sedangkan objek dapat memilih
keduanya baik data maupun prosedur/fungsi.
Perlu juga diperhatikan bahwa pada
pemrograman tertentu seperti c++ dan java, objek di implementasikan dengan
sebuah kelas, sedangkan objek sendiri merupakan instance dari kelas tertentu
c .Apa itu Instance?
Instance
merupakan contoh atau wujud nyata dari suatu objek. Srbagai contoh, apabila
terdapat objek manusia, maka si Udin, Jefri, Toni merupakan instance dari objek
manusia. Contoh lainnya, apabila kita memiliki objek anjing, amak si Blacky,
Doggy,, Pluto dan nama anjing yang lainnya merupakan instance dari objek
anjing. Untuk lebih memperjelas definisi instance, perhatikan contoh berikut.
type
TManusia = Object
TinggiBadan : integer;
BeratBadan : real;
WarnaKulit : string [12];
procedure Berjalan;
…
endl
…
var
Udin, Jefri, Toni : TManusia;
Pada kode diatas, Udin, Jefri dan
Toni merupakan instance dari objek TManusia.
Sumber : Teknik Pemrograman Pascal revisi ketiga, Budi Raharjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar