Telematika
merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang
kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi.
Para
praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu
dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep
Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new
hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam
wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT
(Information and Communications Technology).
Salah satu
milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun
tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip
pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil
pencarian di arsip mailing list telematika saya menemukan salah satu ulir
diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan
oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika
sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
- Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi
Komunikasi dan Informatika atau ICT
(Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT
merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan
penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
- Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
FUNGSI TELEMATIKA
Telematika mempunyai fungsi didalamnya yaitu menyampaikan
informasi maupun berkomunikasi secara cepat dan mudah. Selain itu telematika
juga dapat memberikan wawasan maupun ilmu pengetahuan yang bertujuan
mencerdaskan bangsa Indonesia pada khusunya. Berikutnya telematika juga
mempunyai fungsi sebagai sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi
social akan menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan integritas yang akan
melahirkan kerjasama dalam berbagai macam hal. Telematika menjadi jembatan
diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar luas dimana-mana.
Telematika juga menghubungkan dengan proses interaksi sosial dan kerjasama
sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil
perseorangan maupun bukan perseorangan.
DAMPAK
PENGGUNAAN TELEMATIKA SECARA LANGSUNG
DAN TIDAK LANGSUNG
Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan
telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan
merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang
tertentu. Dampak yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang
lebih efisien dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas
produk, jasa, dan pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak
yang akan muncul penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak
langsung, yaitu:
1. Penghematan transportasi dan bahan bakar.
2. Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.
1. Penghematan transportasi dan bahan bakar.
2. Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.
DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF TELEMATIKA
DAMPAK
POSITIF
-Memudahkan dalam
mendapatkan informasi
Saat ini, mendapatkan informasi apa saja bisa didapatkan dari internet
-Kemudahan dalam memperoleh data
Dengan adanya Perkembangan dalam Telematika , kita dapat memperoleh data dan informasi dari berbagai macam sumber
-Menghemat Waktu dan Biaya
Orang lain dapat berkomunikasi secara jarak jauh , sehingga menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bertatap muka .
DAMPAK NEGATIF
Saat ini, mendapatkan informasi apa saja bisa didapatkan dari internet
-Kemudahan dalam memperoleh data
Dengan adanya Perkembangan dalam Telematika , kita dapat memperoleh data dan informasi dari berbagai macam sumber
-Menghemat Waktu dan Biaya
Orang lain dapat berkomunikasi secara jarak jauh , sehingga menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bertatap muka .
DAMPAK NEGATIF
- Tindakan
kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya,
tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data
kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder)
dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
- Penyebaran
virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic
mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
- Kejahatan
Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional
ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris
internasional.
- Kejahatan
telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang
berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang
Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer
beberapa internet retailer.
- Kejahatan
telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio
Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan
mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science
Universitas Harvard.
MANFAAT TELEMATIKA
- Manfaat
internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam
berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
- Manfaat
internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam
menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
- Dalam
bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan
nilah tambah bagi masyarakat luas.
- Telematika
cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai
dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru
menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam
booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
- Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar