Didalam Multimedia, tentunya terdapat komponen utama yang membuat semua user bisa menciptakan multimedia. Dan beberapa komponennya yaitu :
1. Teks
Hampir semua orang yang dapat
menggunakan komputer sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari
pengelohan kata dan informasi yang berbasis multimedia. Dalam kenyataannya,
multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak
diperlukan membaca secara rinci dan teliti.
2. Grafik
Secara umum. grafik berarti
gambar atau garis (line drawing). Manusia sangat berorientasi pada visual
(visual oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk
menyajikan informasi. Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia.
3. Image
Secara umum image berarti gambar
atau raster (halfone drawing), seperti foto. Basis data karyawan dengan atribut
seperti nama, alamat dan lainnya lebih efektif bila foto karyawan yang
bersangkutan dapat ditampilkan. Demikian juga foto‑foto seperti gedung dan lain
– lain sangat memerlukan penyimpanan yang besar. Hal inilah yang menyebabkan
aplikasi multimedia disimpan dalam penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya
seperti CD‑Room.
4. Animasi
Animasi berarti gerakan image
atau video, contohnya gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Konsep dari
animasi adalah sulitnya menggambarkan
informasi dengan satu gambar saja,
atau sekumpulan gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan
informasi. Arsip animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih besar dari
pada satu gambar.
5. Suara
Suara dapat lebih memperjelas
pengertian yang ditampilkan dalam teks dan video. Contohnya, narasi merupakan
kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat memberikan
lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek
(sound effect).
6. Interaktive Link
Sebagian dari multimedia adalah interaktif,
dimana pengguna dapat menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau
teks dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktif link dengan informasi
yang dihubungkannya sering kali dihubungkan secara keseluruhan sebagai hypermedia.
Secara spesifik, dalam hal ini termasuk hypertext (hotword), hypergraphics dan
hypersound menjelaskan jenis informasi yang dihubungkan.
Interaktif link diperlukan jika
pengguna, menunjuk pada suatu objek atau button agar dapat mengakses program tertentu.
Interaktif link diperlukan untuk menggabungkan beberapa elemen multimedia
sehingga menjadi informasi yang terpadu. Cara pengaksesan informasi pada
multimedia terdapat dua macam yaitu linier dan non‑linier. Informasi linier
adalah informasi yang ditampilkan secara sekuensial, yaitu dari atas ke bawah
atau halaman demi halaman. Sedangkan pada informasi non‑linier informasi dapat
ditampilkan langsung sesuai dengan kehendak pengguna.
KOMPONEN PENDUKUNG MULTIMEDIA
1. Perangkat keras.
a. Sistem komputer
komputer PC desktop, komputer
workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
b. Perangkat Capture
Kamera video, video recorder,
microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh,
perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
c. Perangkat penyimpanan
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip
drive, SSD,dll
d. Jaringan komunikasi
Ethernet, token ring, FDDI, ATM,
intranet, internet
f. Perangkat penampil
speaker, HDTV, SVGA, printer,
plotter, dll
2. Perangkat lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan
juga mencakup sistem operasi komputer. Perangkat lunak aplikasi
dibuat menurut fungsi spesifiknya, antara lain untuk mengedit teks, menyunting
video, membuat citra 3 dimensi dll.
3. Kreatifitas
Ide,konsep, dan rancangan
multimedia membutuhkan kreatifitas khusus.
4. Organisasi
Organisasi diperlukan untuk
membuat dan mengorganisasikan garis besar, serta perencanaan rasional yang
memerinci ketrampilan, waktu, biaya, piranti, dan sumber daya yang diperlukan.
SISTEM MULTIMEDIA
Dalam lingkup teknis penyimpanan
informasi pada sistem multimedia, terdapat dua jenis multimedia:
1. Sistem multimedia Stand
alone
Sistem ini berarti merupakan
sistem multimedia yang memiliki minimal storage ( harddisk, cd rom,DVD,dll)
atau alat input dan output. Contoh: Cd interaktif, DVD movie, Handphone,kamera
digital.
2. Sistem multimedia berbasis
jaringan
Sistem ini harus terhubung dengan
jaringan yang ber bandwith besar, karena faktor sharing system.
Contoh: video conference, video broadcast, internet, QR(barcode jenis terbaru),
jaringan LAN.
Multimedia ditinjau dari sasaran
audiennya atau tujuan pembuatannya dapat dikategorikan dalam:
1. Multimedia Content Production
Multimedia yang menghasilkan
produk kreatif berupa konten musik, film, game ,entertainmen,dll.
2. Multimedia Communication
Penggunaan sejumlah teknologi
yang berbeda dengan tujuan untuk komunikasi atau media massa,
seperti media televisi,radio, cetak,dan internet.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar