Pada awal tahun 1993, Satelindo adalah perusahaan swasta yang pertama terjun pada bisnis layanan satelit dengan meluncurkan Satelit Palapa C1. Satelit Palapa C1 dan lalu C2 bakal berumur hingga 14 tahun. Satelit-satelit ini telah digunakan secara luas oleh beberapa negara di ASEAN. Indonesia antara lain menggunakannya untuk layanan komunikasi yang dikelola oleh Telkom dan Indosat, juga untuk layanan siaran televisi 5 TV swasta dan TVRI. Bahkan digunakan untuk 5 channel siaran langsung TV Satelit Indovision (Direct Broadcasting Satelite) yang kini sudah berkualitas digital (19 channel). Bahkan tengah November lalu, PT.Media Citra Indostar telah meluncurkan satelit Cakrawarta-1 untuk menggantikan kerja Satelit Palapa C2 dalam mengudarakan siaran Indovision. Dengan satelit ini Indovision kelak akan menyelenggarakan layanan yang bisa disebut layanan interaktif, karena akan tersedia antara lain layanan teleconference, Video on Demand (VoD), home shopping, home banking dan komunikasi data (internet). Ada dua perusahaan multimedia baru lainnya yang segera akan beroperasi dengan jaringan kabel serat optik, yaitu PT Indonusa Telemedia dan Multimedia Nusantara. Perusahaan-perusahaan multimedia lainnya adalah: PT Multi Media Asia Indonesia, PT Yasawirya Tama Cipta. Sehingga Indonesia boleh disebut sekarang telah memasuki era industri multimedia
Meski layanan multimedia sudah
dioperasikan di Indonesia, namun terminologi mengenai multimedia sendiri belum
lagi akrab dengan masyarakat Indonesia. Multimedia lebih akrab dipahami sebagai
satu pencapaian teknologi pada personal computer (PC). Jika sebuah PC disebut
multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan
suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat
berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem. Padahal multimedia memiliki arti
yang lebih luas. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya
komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau
satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata multimedia terdiri dari
multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana
penyampaian informasi.
Sedangkan menurut Wahyu Wijayadi dalam sebuah makalah sebuah seminar yang
diselenggarakan Indosat yang berjudul ”Perkembangan Teknologi Multimedia dan
Implementasinya”, multimedia terdiri dari (1) unsur suara, (2) unsur gambar
atau video, (3) unsur teks/data, (4). terpadu dalam satu media penyampaian,
(5). Interaktif/bukan informasi satu arah. Sedangkan jenis jasa multimedia
terdiri dari dua, yaitu berdiri sendiri (stand alone/off line), dan terhubung
dengan jaringan telekomunikasi (network-online).
Banyak perkembangan-perkembangan baru setelah diluncurkannya Satelit Palapa C1 & C2 beberapa tahun yang
lalu. Seperti misalnya ditaburkannya satelit komunikasi di atas langit
Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing di mana banyak pengusaha Indonesia
terlibat dalam kepemilikan saham di dalamnya, di antaranya adalah PT. Bakri
Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit
dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau
GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global
Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Sementara di belahan lain dari
bumi ini, Microsoft dengan beberapa perusahaan juga telah merambah pada
industri satelit layanan komunikasi yang lain, seperti internet, video
conference atau video on demand. Proyeknya yang terkenal sekarang ini adalah
CyberStar atau “Internet di Angkasa” yang mungkin akan menyediakan layanannya
di Indonesia.
Selain bisnis ternyata politik
pun ikut mengembangkan multimedia di Indonesia. Sejak Pemilu beberapa bulan
lalu PT. Telkom berharap tidak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang tidak
bisa dihubungi lewat sambungan telepon dengan teknologi satelit VSAT (very
small aperture terminal). Sayangnya fasilitas yang sudah dimiliki ini tidak
berfungsi pada saat kebakaran hutan dan bencana kelaparan di Indonesia.
SUMBER INFORMASI YANG TERSEDIA
Untuk mengantipasi datangnya era
ini, saya sajikan homepage ini, berisi kumpulan informasi mengenai perkembangan
multimedia di Indonesia dan di dunia secara umum Homepage ini bisa disebut
satu-satunya yang secara khusus berbicara mengenai multimedia. Di dalam
homepage ini tersedia banyak link ke situs-situs yang berkaitan dengan
multimedia, sehingga bisa diandalkan bagi yang ingin melihat perkembangan
multimedia dari waktu ke waktu.
Tulisan atau artikel mengenai
multimedia harus diakui sangat jarang, bahkan pada suratkabar besar seperti
Kompas, Suara Pembaruan dan Republika. Bahkan kita belum punya majalah atau
terbitan berkala yang khusus menyajikan perkembangan industri multimedia di
Indonesia, seperti yang terbit di negara-negara lain. Meski demikian berita
mengenai kegiatan bisnis multimedia kerap muncul. Ini menggambarkan maraknya
perkembangan bisnis multimedia di Indonesia. Rupanya secara intelektual bidang
ini kurang dilirik oleh para akademisi. Atau sebaliknya berarti para
akademisinya sudah terjun langsung menjadi praktisi multimedia di
perusahaan-perusahaan multimedia dan tidak sempat untuk membagi pengetahuan ini
ke publik. Padahal Membagi informasi perkembangan multimedia kepada publik akan
menstimulasi pengembangan industri multimedia.
ANDIL PENGUSAHA
Jika apa yang sudah dilakukan
Peter Gontha selama ini, yaitu terjun mengembangkan multimedia di Indonesia,
diikuti oleh banyak pengusaha lain tentu kita bisa berharap bahwa era informasi
di Indonesia dapat lebih cepat menghampiri. Meski pemerintah Indonesia tidak
seperti Pemerintah Malaysia yang telah mencanangkan program nasionalnya secara
khusus, yaitu Multimedia Super Corridor, Indonesia cukuplah memiliki Peter
Gontha, Abu Rizal Bakri, Youk Tansil dan bahkan Sudwikatmono (tanpa mengurangi
respek saya kepada orang-orang yang giat mengembangkan multimedia di Indosat
dan Telkom) sebagai pelopor dan pejuang pengembangan multimedia di Indonesia.
Sehingga kita bisa optimis bahwa masa depan Indonesia akan lebih baik dari
sekarang. Karena saat itu semua orang dapat meraih salah satu sisi baik
multimedia yaitu memberikan kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk
mencerdaskan dirinya melalui tersedianya akses-akses kepada informasi yang
seluas langit sebagai salah satu tempat di mana infrastruktur multimedia
ditempatkan.
Memang, harus katakan bahwa
seluruh layanan multimedia saat ini adalah bukan bisnis yang selalu
menguntungkan. Contohnya adalah layanan televisi satelit Indovision sebagai
salah satu layanan multimedia. Bisnis ini di Indonesia kurang menajamkan
kekuatan marketingnya, sehingga layanan Indovision ini menjadi sangat ekslusif.
Ada 1 juta antena parabola yang bertebaran di seluruh Indonesia yang diharapkan
beralih ke Indovision pada saat peluncuran pertama Indovision. Sementara itu
perilaku pemirsa pada saat itu belum mengenal kebiasaan membayar siaran TV dan
acara-acara yang 100% asing (berbahasa Inggris). Indovision hingga sekarang
masih membutuhkan upaya yang lebih keras untuk mendapatkan pelanggan sebanyak
yang diharapkannya. Meski pertumbuhan pelanggan Indovision ini tergolong
lambat, namun Indovision telah membuka jalan bagi perusahaan TV Bayar lain
untuk terjun di industri ini. Sehingga perusahaan lain akan lebih mudah
memasuki pasar yang telah terbentuk untuk menerima siaran TV bayar dan program
asing, apa pun sistem dan teknologinya.
MULTIMEDIA DAN PERADABAN MANUSIA
Sepuluh tahun yang lalu kebutuhan
pada alat telekomunikasi seperti telepon belum seperti sekarang, terutama di
kota besar. Ketika jalan-jalan semakin macet dan waktu terasa semakin pendek,
komunikasi melalui telepon menjadi kebutuhan yang tak terelakkan untuk tetap
lancar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Padahal sepuluh tahun yang lalu
itu sedikit yang menyadari bahwa telepon adalah kebutuhan mutlak pada 10 tahun
mendatang di kota-kota besar. Demikian juga keberadaan Personal Computer (PC)
yang sekarang seperti peralatan audio system atau TV berwarna di rumah-rumah
pada 10 tahun yang lalu. Atau sekarang kebutuhan akses ke internet bagi
kantor-kantor dalam rangka agar tidak tercerabut dari trend dari bidang yang
digelutinya serta untuk mendapatkan layanan e-mail yang mulai menggantikan fax
machine. Perlahan tapi pasti layanan interractive data communication seperti
Internet ini akan mengulang sejarah yang sama bagi telepon atau PC beberapa
tahun lampau. Itu memang sudah nampak dari usaha-usaha yang telah dilakukan
untuk mengembangkan layanan ini. Contohnya adalah WEB TV yang sekarang sudah
dipasarkan. WEB TV adalah layanan internet melalui pesawat TV bukan melalui PC.
Dengan menambahkan beberapa peralatan tambahan, modem, remote control atau keyboard dan dihubungkan dengan telephone line atau antena microwave/satelit maka jadilah pesawat TV biasa sebagai layar monitor untuk menjelajahi jaringan informasi seluruh dunia internet. Bayangkan saat itu di mana ibu-ibu rumahtangga menjelajahi internet untuk berbelanja fashion, makanan, jasa perjalanan, bahkan ramalan cuaca dan lain-lain. Juga akan bertumbuhan usaha-usaha yang berbasis rumah yang sebagian dikelola oleh para ibu rumah tangga, seperti jasa layanan komputer, jual-beli barang, disain graphis, arsitektur, kesehatan, konsultasi, penitipan anak yang bisa dikontrol melalui jaringan multimedia dan lain-lain.
Dengan menambahkan beberapa peralatan tambahan, modem, remote control atau keyboard dan dihubungkan dengan telephone line atau antena microwave/satelit maka jadilah pesawat TV biasa sebagai layar monitor untuk menjelajahi jaringan informasi seluruh dunia internet. Bayangkan saat itu di mana ibu-ibu rumahtangga menjelajahi internet untuk berbelanja fashion, makanan, jasa perjalanan, bahkan ramalan cuaca dan lain-lain. Juga akan bertumbuhan usaha-usaha yang berbasis rumah yang sebagian dikelola oleh para ibu rumah tangga, seperti jasa layanan komputer, jual-beli barang, disain graphis, arsitektur, kesehatan, konsultasi, penitipan anak yang bisa dikontrol melalui jaringan multimedia dan lain-lain.
Perkembangan multimedia dalam
beberapa tahun belakangan ini telah melahirkan suatu pertanyaan malu-malu,
yaitu apakah yang terjadi dengan pembatasan terhadap akses informasi dan
kebebasan berekspresi yang dulu diberlakukan? Harus diakkui, perlahan, kemilau
dari kemajuan teknologi multimedia terutama dari 5 broadcast TV swasta telah
mempurukkan pembatasan itu. Maka pertanyaan berikutnya adalah: kemanakah arah
perkembangan multimedia 5 tahun mendatang? Atau: kemanakah arah peradaban
manusia? Jawabannya mungkin akan bergantung pada kemana kita akan
mengarahkannya.
SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK
MENDUKUNG INDUSTRI MULTIMEDIA
Perkembangan industri multimedia
yang demikian cepat harus didukung oleh tersedianya sumber daya manusia
Indonesia yang kompetitif, sehingga lahan yang empuk ini tidak diserbu oleh
tenaga kerja asing yang sudah terlalu banyak merambah di Indonesia. Terjun di
bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada
saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang
ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak
terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
Usaha pengembangan industri
multimedia di Indonesia membutuhkan lebih banyak orang seperti itu untuk
menyiapkan jalan menuju peradaban baru manusia di masa mendatang. Mereka bukan
hanya para konglomerat yang mudah baginya untuk terjun ke dalam industri apa
pun. Namun tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang handal, apa lah artinya
?
Jadi,dapat disimpulkan dari berbagai penjelasan diatas bahwa sejatinya sejarah mempunyai andil besar terhadap perkembangan multimedia khusunya di indonesia. Dengan melihat sejarah diatas, maka perkembangan-perkembangan multimedia baru muncul setelah diluncurkannya Satelit Palapa C1 & C2 beberapa tahun yang lalu. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata multimedia terdiri dari multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar