Aplikasi multimedia di bidang
Broadcast.
Multimedia Broadcast berhubungan
dengan media televisi yang terdiri dari perpaduan antara multimedia aplikasi
komputer dengan alat-alat yang bernuansa broadcasting. Di Indonesia banyak
hadir televisi swasta yang telah memunculkan program-program acara yang cukup
menarik untuk dinikmati. Dari mulai acara News, Sinetron, Film laga, Komedi,
Hingga berbagai macam tayangan kuis yang kesemuanya itu menggunakan alat
broadcast televisi yang bagus untuk standart televisi.
Multimedia Brosdcasting memadukan antara unsur pengambilan sebuah gambar dan permainan sebuah effect kamera yang terdapat pada setting menu serta jenis kamera dan sebuah effect software komputer yang dimainkan oleh seorang animator. Dari perpaduan kedua unsur tersebut dapat menghasilkan output tampilan yang sangat mengagumkan dan mempunyai nilai jual sangat tinggi di dunia broadcasting. Tidak mustahil jika semakin banyak channel televisi yang muncul di layar kaca maka semakin banyak pula Production House yang menawarkan jasa untuk memproduksi sebuah program acara yang kemudian akan di jual ke pihak televisi.
Ilmu informatika mencakup
programming, networking, multimedia. Di dunia broadcasting informatika sangat
memberikan peran yang sangat besar. Dalam membuat sebuah program acara pasti
menggunakan software dan hardware yang berkaitan dengan multimedia sebagai
perangkat pokok dalam menghasilkan karya.
Karena dalam broadcasting berhubungan dengan teknologi informasi, maka untuk kedepan nanti dunia broadcasting lebih dimudahkan dengan penggunaan software multimedia yang lebih canggih dan familiar dalam penggunaannya. Benang merah inilah yang menghubungkan antara Multimedia, Broadcasting dengan Teknologi Informasi.
Dalam
bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif,
televisi interaktif, game elektronik. SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi
alat musik seperti bunyi gitar dan piano, untuk memproses penciptaan lagu, dan
untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun special effect.
Aplikasi multimedia di bidang
Research & Development.
Penelitian
pengembangan atau dikenal dengan istilah R&D (Research and
Development), bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran
berbasis komputer berupa multimedia pembelajaran interaktif.
Model
pengembangan menurut Arief S Sadiman dkk (2003) meliputi 8 langkah yaitu:
1) Identifikasi kebutuhan
2) Perumusan tujuan,
3) Perumusan butir materi
4) Perumusan alat pengukur keberhasilan
5) Penulisan naskah media,
6) Tes uji coba
7) Revisi dan
8) Produksi media.
Sumber
:
http://www.migathondwi.com/2013/04/aplikasi-multimedia-di-bidang.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar