Pendidikan
kini dipandang sebagai suatu aktivitas yang bersifat antisipatoris, yang
terarah untuk menyongsong perkembangan-perkembangan yang terjadi di masa depan.
Salah satu kecenderungan yang terlihat jelas adalah dinamika kehidupan
manusia dewasa ini yaitu perubahan-perubahan yang dihasilkan di bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi yang berlangsung begitu cepat.
Karena
dari sinilah kemajuan teknologi semakin berkembamg dan beragam fungsinya.
Implikasi dari segenap perubahan yang terjadi memengaruhi aspek
pendidikan.Pemerintah dan lembaga pendidikan dituntut untuk merancang sistem
pendidikan yang lebih kreatif, dinamis dan responsif terhadap perubahan serta
kecenderungan-kecenderungan yang sedang berlangsung.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi, audio dan video yang sering digunakan dalam dunia informatika,
dan kreativitas adalah orisinalitas, artinya bahwa produk, proses, atau
orangnya, mampu menciptakan sesuatu yang belum diciptakan oleh orang lain.
Kreativitas tidak hanya membutuhkan keterampilan dan kemampuan, kreatifitas
juga membutuhkan kemauan atau motivasi. Peran multimedia dalam hal ini menjadi
wadah untuk mencurahkan atau sebagai perantara untuk menuangkan ide untuk
menciptakan sesuatu yang baru.
Multimedia
sangat berperan penting untuk pelajar. Bagaimana tidak multimedia mendorong
pelajar untuk selalu berkarya dan berkembang sejajar dengan perkembangan
teknologi sekarang. Dengan adanya multimedia pelajar tidak akan tertinggal dari
info-info terbaru tentang perkembangan zaman sekarang ini. Para pelajar kini
saling bersaing untuk menuangkan ide dan menciptakan inovasi baru. Mereka bisa
menciptakan, bisa mengembangkan karya dengan adanya multimedia.
Dengan
browsing, pelajar mengembangkan ilmu yang dimiliki untuk menuangkan pengalaman
pribadi yang dimiliki untuk mewujudkan kreativitas yang telah lama terpendam.
Walaupun telah ada karya-karya yang tercipta namun itu tidak menjadi sebuah
alasan untuk menyerah begitu saja, justru pelajar akan lebih berfikir bagaimana
bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari karya yang telah ada dan
menjadi sebuah motivasi untuk selalu berkreasi mencari dan
menuangkan ide-ide baru.
Multimedia
banyak mendukung dalam peningkatan kreativitas pelajar. Dengan adanya
multimedia pelajar lebih banyak mendapat ilmu dan kesempatan untuk
mengembangkan kreativitas yang dimiliki dan guru menjadi motivator dari apa yang
telah sebelumnya diakukan oleh pelajar.
Pelajar
sekarang tidak akan lepas dari multimedia baik di sekolah maupun diluar
sekolah. Contohnya banyak pelajar berlomba-lobma membuat blog dan memodifikasi
sebagus, semenarik dan semanfaat mungkin, tidak puas dengan hasil foto dari
kamera hp para pelajar mengedit dengan aplikasi multimedia yang telah populer
agar hasil foto lebih keren. Pelajar tidak enggan untuk mencoba walapun banyak
yang telah menggunakannya. Mulai dari situlah pelajar akan berkembang mencoba
membuat aplikasi yang lebih dari yang dicoba, dari pelajar yang tidak bisa
menggunakan aplikasi dalam komputer dengan browsing berbagai cara menjalankan
aplikasi dalam komputer akan lebih membuat pelajar aktif untuk mencoba sesuatu
yang baru karena dari situlah kreatifitas pelajar akan berkembang.
Peran
aplikasi multimedia memang sangat penting untuk mengembangkan kreativitas
pelajar karena dengan adanya multimedia, pelajar akan lebih bersemangat untuk
mencari dan mempelajari apa yang belum pernah mereka temui dan mengerti.
Sebelum kita tidak dapat menikmati dan sebagai pelajar mengajak teman-teman
memanfaatkan multimedia dan teknologi informasi untuk mengembangkan kreativitas
yang kita miliki sehingga kita tidak menjadi manusia-manusia yang memiliki kemampuan
dan daya saing di era globalisasi sekarang ini.
Penerapan Multimedia dalam Meningkatkan
Kreativitas Menulis
Tujuan Penerapan Multimedia dalam Menulis
mengetahui
sejauh mana penerapan multimedia dalam meningkatkan kreativitas
pembelajaran menulis, serta memberikan suatu wawasan baru dalam
proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa
Penerapan Multimedia Dalam Menulis
Bahan
ajar berbasis multimedia telah banyak digunakan sejalan dengan perkembangan
yang pesat dalam bidang teknologi informasi. Bahan ajar berbasis
multimedia mencakup konsep pengembangan, dan kriteria media yang
baik. Dewasa ini seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat
menyambut era global dalam semua jenjang kehidupan, teknologi informatika
dengan cepat diakui dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Teknologi informasi digunakan oleh praktisi pendidik sebagai sarana media
pembelajaran. Banyak ragam media pembelajaran yang bersumber dari teknologi
informatika yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan
yang diharapkan.
Bahan
ajar multimedia menurut Rayandra Asyhar (2011;172-173) adalah media
pembelajaran yang menggunakan perangkat komputer sebagai sarana untuk
presentasi dalam bentuk powerpoint, media interaktif melalui media ini
peserta didik dapat mempelajari materi ajar yang ada dalam
CD/VCD yang dilengkapi dengan kuis untuk latihan dengan menggunakan bahan ajar
tersebut peserta didik dapat berinteraksi dan dapat digunakan secara mandiri oleh
peserta didik tampa bantuan bantuan guru. Adapun Vaughan (2004)
mengatakan bahwa multimedia adalah sembarang kombinasi yang terdiri atas teks,
seni grafik, bunyi , animasi dan video yang diterima oleh pengguna melalui
hardware computer. Sejalan dengan hal di atas, Heinich (2005) menyatakan bahwa
multimedia merupakan penggabungan atau pengintegrasian dua atau lebih
format media yang berpadu seperti teks, grafik, animasi, dan video untuk
membentuk aturan informasi ke dalam system computer.Pendapat tersebut diperkuat
oleh Azhar Arsyad (2011;171) bahwa multimedia merupakan perpaduan dan
kombinasi dua atau lebih jenis media (grafik, teks, suara, video, dan animasi)
yang penekanankan kepada kendali komputer sebagai penggerak gabungan media tsb.
Penerapan
multimedia dalam pembelajaran dikatakan oleh Hartoyo (2012;36-37) adalah
sebagai bahan ajar/ tutorial dengan alat bantu computer- multimedia yang
memungkinkan siswa mempelajari bahan ajar lebih fleksibel sesuai kebutuhan
dikenal dengan computer-assisted learning (CAL). Menurut Sheirderman dalam
Hartoyo dikemukakan bahwa beberapa penerapan multimedia dalam pendidikan
antara lain untuk materi pembelajaran,manual perbaikan dan perawatan, jurnal,
abstrak dan indeks ilmiah, catalog/ petunjuk, jadual dan peta geografis, pemberian
informasi secara on-line. Melalui penerapan antara computer dan
multimedia sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran karena siswa
sangat dibantu dalam menentukan bahan ajar secara individu yang dibutuhkannya
sesuai dengan apa yang yang diminatinya dan tidak tergantung pada guru ataupun
orang tuanya. Dengan penggabungan beberapa media dan system multimedia
pengembangan materi ajar lebih menarik khususnya untuk penanaman konsep tentang
hal-hal abstrak yang membutuhkan alat bantu untuk memahaminya. Hartoyo
(2012,37).
Mengamati
beberapa pendapat diatas maka materi pembelajaran yang dikembangkan melalui
perangkat komputer dan media lainnya seperti grafis, audio, animasi, video,
gambar akan memberikan daya tarik siswa untuk mempelajari suatu materi
ajar secara on-line dan individu tampa tergantung pada guru dan orang tuanya.
Berkaitan dengan penerapan perangkat pembelajaran yang berbasis
teknologi informasi maka takkan terlepas dari proses pembelajaran melalui
sarana elektronik maka munculah istilah E-learning yang oleh beberapa
ahli dikemukanan makna atau definisi E-learning. Menurut Effendi,dkk (2005;6-7)
dikemukakan bahwa sampai saat ini pemakaian kata E-learning digunakan
pada semua kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer dan atau internet.
Mengamati berbagai pendapat diatas maka penerapan multimedia dalam pembelajaran
merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan perangkat teknologi
eloktronik computer, jaringan internet, audio, projector, grafis yang
dirancang dengan tujuan agar pembelajaran menarik siswa sehingga akan
memunculkan daya kreatif peserta didik.
Sumber
:
http://widyar.wordpress.com/2012/07/24/penerapan-multimedia-dalam-meningkatkan-kreativitas-menulis-puisi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar