Minggu, 21 Oktober 2012

ARRAY


Apa itu array?
Menurut definisinya, array adalah sebuah variable yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis(memiliki data yang sama). Hal ini tentunya berbeda dengan variable yang hanya dapat menampung satu nilai. Setiap nilai yang dapat disimpan disebut elemen array, sedangkan nilai yang dapat diakses elemennya disebut indeks array.

Deklarasi Array
Dalam bahasa pascal, pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array dan tipe data yang akan disimpan didalamnya. Selain itu juga harus disertai dengan batas-batas indeksnya yang diapit oleh tanda bracket ([]).  Berikut ini bentuk umum deklarasi array :

NamaArray : Array[IndeksAwal…IndeksAkhir] of tipe_data;
Sebagai contoh,apabila kita ingin mendeklarasikan array dengan nama A yang berisi 10 buah elemen bertipe integer, maka kita harus mendeklarasikannya dengan cara berikut :
Var
   A: array [1…10] of integer;

Pada kode diatas, indeks array dimulai dari satu. Perlu diperhatikan bahwa pada bahasa pascal berbeda dengan bahasa C yang indeks array-nya selalu dimulai dari nol. Pada bahasa pascal, indeks array dapat dimulai dari bilangan berapapun. Dan juga, indeks array juga dapat bertipe karakter dan bilangan berapapun. Selain itu indeks array juga dapat bertipe karakter maupun bertipe data enumerasi.

Mengakses Elemen Array
Untuk dapat mengakses elemen array, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisikan nilai ke dalam elemen-elemen array yang bersangkutan. Adapun bentuk umum dari  elemen array yang digunakan untuk pengisian elemen array adalah sebagai berikut :
NamaArray [indeks] := nilai;

Sumber :
Arsip pribadi : Buku Teknik pemrograman PASCAL (karangan Budi Raharjo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar