Sabtu, 22 Desember 2012

PERMODELAN


    Salah satu hal yang penting dan banyak digunakan dalam memberikan bantuan dalam bidang riset operasional adalah model. Suatu model adalah suatu penyajian sederhana dari suatu keadaan nyata. Grafik, rumus, bagan dan gambar adalah contoh –contoh dari bentuk model.
Model meaminkan peranan penting dalam riset operasional. Rumus-rumus dan persamaan biasa digunakan untuk menyajikan beberapa proses dan operasi tertentu guna mendeskripsikan untuk tujuan analisis.  Model selain rumus dan persamaan terkadang juga digunakan dalam bidang riset operasional. Model model ini berhubungan dengan bidang industrial engineering.

BENTUK-BENTUK MODEL
    Ada beberapa macam cara yang digunakan untuk mengklasifikasikan model salah satu cara yang umum digunakan adalah membedakannya kedalam tiga jenis model yaitu :
1.Model Ikonik 
Model ikonik adalah model yang digunakan atau mengandung karakteristik dan properti nyata dari suatu system yang dimodelkan. Contoh bentuk model ikonik adalah bentuk pilot plant dari suatu pabrik.

2.Model Analog 
Model analog adalah model yang menyajikan suatu analogi dari keadaan nyata. Contoh bentuk model analog adalah histogram dimana panjang batang yang berbeda yang digunakan untuk menyajikan frekuesni relative dari beberapa macam kejadian.

3.Model Simbolik
Model simbolik adalah bentuk model yang paling abstrak dan yang biasa digunakan dalam bidang riset operasional. Contoh bentuk model simbolik adalah persamaan,bagan,kalimat-kalimat tertulis.

4.Model Matematis
Di dalam model matematis ada dua bentuk yang biasa digunakan dalam bidang riset operasional yaitu :
a.Model Matematis Dekriptif
b.Model Matematis Normatif

B. Formulasi Model
Formulasi suatu model melibatkan 2 aktivitas dasar yaitu 
1.Menentukan model yang akan digunakan 
2.Menentukan nilai parameter-parameter model yang merupakan nilai konstanta –konstanta dalam model matematis deskriptif

Dalam melakukan setiap kegiatan permodelan ada 2 hal yang harus dilakukan.Hal tersebut ialah
1.Menentukan jenis model yang akan digunakan 
2.Pengumpulan jenis data yang dibutuhkan untuk mengubah model kedalambentuk yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yaitu dalam bentuk numerik. 

Sumber : Buku Pengantar Riset Operasional (Universitas Gunadarma)

1 komentar:

  1. terimakasih Dwi Asih rahayu atas tulisannya yang sangat bermanfaat. lanjutkan

    BalasHapus