Minggu, 29 Desember 2013

LINGKUNGAN BASIS DATA



Arsitektur Basis Data

Ada 3 tingkat dalam arsitektur basis data yang bertujuan membedakan cara pandang pengguna terhadap basis data dan cara pembuatan basis data secara fisik. Setiap pengguna harus  dapat mengakses data yang sama tetapi dengan data view yang berbeda-beda kebuuhannya. Setiap pengguna  dapat mengubah data view tersebut dan perubahan ini tidak akan mempengaruhi pengguna yang lan dengan kata lain terdapat kemandiran data. 


Pengguna tidak berhubungan dengan penyimpanan fisik seperti proses indeks, hashing dan proses fisik lainnya. DBA dapat mengubah struktur basis data tanpa mempengaruhi data view pengguna.


Tingkat Eksternal

Tingkat eksternal merupakan cara pandang pengguna terhadap basis data. Pada Tingkat ini menggambarkan bagian basis data yang relevan bagi seorang pengguna tertntu. Tingkat eksternal terdiri dari sejumlah cara pandang yang berbeda dari sebuah basis data. Masing-masing cara pengguna merepresentasikan dalam bentuk yang sudah dikenalnya. Cara pandang secara eksternal hanya terbatas pada entitas, atribut dan relationship (hubungan antar entitas) yang diperlukan saja.


Sebagai tambahan, perbedaan pandangan diwujudkan pada data yang sama misalkan pada saat menuliskan data tanggal didalam suatu platform, ada yang berbentuk tanggal, bulan, tahun tetapi ada yang memuaskan tahun, bulan, tanggal.


Tingkat Konseptual

Tingkat Konseptual merupakan kumpulan cara pandang terhadap basis data. Pada tingkat ini menggambarkan data yang disimpan dalam basis data dan hubungan antara datanya. Hal-hal yang digambarkan dalam tingkat konseptual adalah 


-Semua entitas beserta atribut dan hubungannya

-Batasan data

-Informasi  semantik tentang data

-Keamanan dan integritas data


Semua cara pandang pada  tingkat eksernal, berua data yang dibutuhkan oleeh pengguna harus sudah tercakup didalam tingka konseptual atau dapat diturunkan dari data yang ada. Deskripsi data dari entitas pada tingkat ini hanya teerdiri dari jenis data dan besarnya atribut tanpa memperhatikan besarnyapenyimpanan dalam ukuran byte.


Tingkat internal

Tingkat internal merupakan perwujuddan basis data dalam komputer. Pada tingkat ini menggambarkan bagaimana basis data disiman secara fisik  didalam peralatan storage yang berkaitan ert dengan temoat penyimpanan fisik. Tingkat Internal memperhatikan hal berikut :


-Alokasi ruang penyimpanan data dan indeks

-Deskripsi record untuk penyimpanan (dengan ukuran penyimpanan untuk data element)

-Penempatan record

-Pemampatan data dan teknik enkripsi


Kemandirian data

Tujuan utama 3 arsitektur adalah memelihara data independence (kemandirian data)  yang berarti perubahan yang terjadi pada ingkat yyang lebih rendah tidak mempengaruhi tingkt yang lebih tinggi.

a.Kemandirian Data Secara Logik

b.Kemandirian Data Secara Fisik


Prinsip Kemandirian data

Prinsip kemandirian data adalah satu hal yang harus diterapkan didalam pengelolaan sistem basis data dengan alasan-alasan sebagai berikut :

DBA dapat mengubah isi lokasi

Pabrik/agen peralatan atau perangkat lunak pengolaha data dapat memperkenalkan produk-produk baru tanpa menganggu program aplikasi yang sudah ada.

Sumber : 

Bahasa dalam DBMS

DBMS dalah kumpulan program yang mengkoordinasi semua kegiatan yang berhubungan dengan basis data. Dengan adanya berbagai tingkatan pandangan dalam suatu basis data maka mengakomodasikan masing-masing pengguna maka dalam piranti lunak manajemen basis data biasanya terdapat bahasa tertentu yang disebut Data Sub Language

Data Sub language adalah subset bahasa yang dipakai untuk operasi manajemen basis data.

DDL

DML


Model Data

Model data adalah kumpulan konsep yang terintegrasi yang menggambarka data, hubungan antara data dan batasan-batasan data didalam suatu organisasi. Fungsi sebuah model dta untuk merepresentasikan  data sehingga data tersebut mudah dipahami. Untuk menggambarkan data pada ingkat eksternal dan konseptual digunakan model data berbasis objek atau model data berbasis record.


-Model data berbasis Objek

-Model data berbasis Record

-Model Data Relasional

Sumber : Sistem Basis data 1 Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar