Minggu, 29 Desember 2013

SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA RELASIONAL



Pengenalan DB2
DB2 merupakan relational database management system (RDBMS) atau sistem manajemen basis data relasional yang memungkinan pengguna melakukan CREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis data relasional dengan menggunakan Structured Query Language (SQL). Data relasional didesain untuk memperoleh informsi yang dibutuhkan dalam bisnis berskala besar atau berskala kecil.

DB2 dapat dijalankan pada brmacam-macam platform termasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM, dan VSE. Sistem midrange seperti S/400 dari sistem berbasiskan UNIX lainnya dan sistem tunggal yang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows dan Linux.

Data diatur oleh DB2 database server yang dapat diakses dan manipulasi oleh aplikasi pada PC workstations yang berjalan dengan sistem operasi yang terkenal dan dengan aplikasi yang dikembangkan untuk UNIX  worktations dari IBM, HP, dan SUN. 

Selain fungsi manajemen data DB2 memiliki alat yang mengijinkan pengguna membuat macam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data. Juga untuk mengembangkan aplikasi multimedia dan object-oriented.

Perkembangan  Basis Data IBM
Akhir tahun 70-an
-System R: Riset IBM menyusun teknologi relasional.

Th.80-an
-Produk Relational DB untuk VM, VSE, MVS, AS/400. OS/2
-Riset selanjutnya : SQL Language, Performance, Distributed Data

Th.90-an
-Distributed Relational Data Architecture (DRDA)
-DB2 untuk AIX, HP-UX, SOLARITAS, NT, SINIX, Paralel Edition
-DataHub, DataPropagator,  DataGuide, DataRefresher,DataJoiner
-Riset selanjutnya : optimization, Parallelism, Object-Relational

Sekarang (’98)
-Pemasok DB utama dengan pendapatan $1 milyar dari DB Engine
-2 PetaBytes Data yang dikelola oleh produk-produk IBM DBMS
-Pemimpin dalm pembuatan SQL pada DB2 Team

Mengapa DB2 banyak digunakan :
-Memenuhi kebutuhan bisnis untuk aplikasi-aplikasi terbaru
-Scalable across
-Menawarkan Open hardware dan system integration.
-Integrated Tools dan Usability  enhancements

a.DB2 Family
IBM DB2 Family dari database management systems menangani ruag lingkup hardware platform yang besar dari mainframe sampai dengan mesin-mesin yng berbasiskan intel, server IBM DAN non IBM . Dengan tambahan database engines yang dijalankan pada setiap platfform tersebut. DB2 family termasuk solusi “middleware” untuk pengaksesan basis data yang heterogen, replkasi data dann database systems management yang berjalan dseluruh platform.  

Produk DB2 dapat dijalankan pada OS/2 dan platform yang berhubungan dengan produk tersebut dikenal sebagai versi DB2 Common Server.  Hal ini membedakan bahwa produk-produk tersebut dapat dijalankan pada platform yang sejenis, yang berisikan fungsi produ dan menggunakan source code Yang sama.  
DB2 Common Server memegang peranan penting pada saat :
-Client-ServerUp-sizing
-HostRight-sizing
-HostDown-sizing
-AccesstoHost Enterprise Data
-Db2 HostApplication Development

Objek- Objek Db2
Kunci Elemen pada sistem Administrator DB2 adalah pengaturan obyek-obyek DB2 yang dibuat oleh software DB2. Obyek-Obyek yang dapat pada DB2 diantaranya Tabel dan View yang digunakan oleh application programmer aplikasi dan pengguna akhir yang merupakan bagian dari pemrosesan aplikasi. Juga termasuk obyek-obyek yang biasanya tidk lihat pada tingkatan aplikasi seperti  table space, index, database, dan storage group.

DB2 Database
DB2 Database berisikan sekumpulan tabel dan indeks-indeks yang berhubungan dengan tabel-tabel  dan indeks-indeks dapat membuat sebuah basis data yang khusus.  Data dapat memberikan sebuah nama pada basis data, tabel dan indeks tersebut dapat melakukan start dan stop sebuah basis data dalam sebuah operasi tunggal. Juga memberikan hak akses ke seluruh obyek yng terdapat dalam basis data.

Sumber : Sistem Basis Data 1 Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar