Kamis, 26 Desember 2013

OOP DALAM PASCAL

a. Apa itu OOP?
Dalam bahasa Indonesia, OOP diartikan sebagai pemrograman berarah atau berorientasi objek.  OOP sendiri merupakan sebuah metodologi dalam pemrograman yang diciptakan untuk memodelkan kasus-kasus nyata kedalam sebuah objek. Sebagai ilustrasi, coba bayangkan seorang pelukis yang sedang menggambarkan buah apel diatas kanvas. Disini, gambar apel tersebut merupakan model dari buah apel. Gambar tersebut memi;iki sifat-sifat yang dimiliki oleh buah apel sebenarnya, seperti bentuknya yang bulat dan warnanya yang merah ataupun hijau. Yang jelas objek tersebut akan menggambarkan keadaan buah apel sebenarnya. Begitu juga dalam pemrograman, apabila seorang programmer mendeklarasikan sebuah objek (misalnya manusia), maka ibjek tersebut harus bisa memiliki data-data dan sifat-sifat yang dimiliki oleh manusia. Metode seperti inilah yang dinamakan dengan pemrograman berorientasi objek atau OOP.

b. Apa itu Objek?
Objek merupakan sesuatu yang dapat memodelkan atau menyederhanakan permasalahan-permasalahn yang terjadi didalam dunia nyata. Namun secara spsesifik dalam pemrograman objke adalah sesuau paket yang merupakan kumpulan data dan perilaku.  Sebagai contoh, objek manusia memiliki data-data seperti tinggi badam, berat badan, warna kulit, bentuk rambut dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan perilaku yang dimiliki oleh manusia misalnya cara berjalan, logat berbicara maupun lainnya.

Dalam pemrograman, data-data didalam objek akan direpresentasikan dengan variable maupun konstanta sedangkan perilaku akan direpresentasikan dengan prosedur atau fungsi yang kemudian akan disebut method.

Objek berbeda dengan record. Sebuah record hanya dapat memiliki data atau field saja, artinya record tidak dapat memiliki kelakuan (prosedur maupun fungsi). Sedangkan objek dapat memilih keduanya baik data maupun prosedur/fungsi.

Perlu juga diperhatikan bahwa pada pemrograman tertentu seperti c++ dan java, objek di implementasikan dengan sebuah kelas, sedangkan objek sendiri merupakan instance dari kelas tertentu

c .Apa itu Instance?
Instance merupakan contoh atau wujud nyata dari suatu objek. Srbagai contoh, apabila terdapat objek manusia, maka si Udin, Jefri, Toni merupakan instance dari objek manusia. Contoh lainnya, apabila kita memiliki objek anjing, amak si Blacky, Doggy,, Pluto dan nama anjing yang lainnya merupakan instance dari objek anjing. Untuk lebih memperjelas definisi instance, perhatikan contoh berikut.

type
    TManusia = Object
           TinggiBadan : integer;
           BeratBadan : real;
           WarnaKulit : string [12];
              procedure Berjalan;
              …
endl
 var
                Udin, Jefri, Toni : TManusia;


Pada kode diatas, Udin, Jefri dan Toni merupakan instance dari objek TManusia.

Sumber : Teknik Pemrograman Pascal revisi ketiga, Budi Raharjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar