Minggu, 05 Januari 2014

MODEM



Modulator Demodulator (MODEM) merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik ke  dalam gelombang elektromagnetik sehingga dapat dikirim melalui udara . Merek moe yang dapat digunakan antara lain Robotik, Rockwell, atau prolink.

Modem terdiri atas 2 macam yaitu eksternal dan internal. Modem eksternal berada diluar Central Processing Unit (CPU) sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan . Modem internal addalah modem yang berada dalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.  

Saat ini terdapat model on board sehungga tidak dapat diganti atau dicabut. Pemilihan modem harus didasarkan pada beberapa pertimbangan seperti :
-kecepatan transmisi
-turn arround time,
-error suscepbility
-biaya      
                                                           
Kecepatan transmisi : sekurang-kurangnya dapat melayani vlume data yang dikirimkan dn kecepaan
  
Turn around time : Proses dua arah dan pengubahan data dalam pengiriman dan penerimaan.

Error susceptibility : Daya tahan terhadap error, hang, dan kesalahan yang dapat menimbulkan masalah dalam pengiriman dan pengambilan data dari internet.

Biaya : Dana yang tersedia untuk pembelian alat terebut.

Jika modem sudah terpasang di komputer, komputer dapat melakukan hubungan dengan server, penyedia jasa internet (ISP) atau dengan client di tempat lain yang sama sama menggunakan jasa internet (ISP).
Kecepatan modem minimal 56 kb/detik. Semakin tinggi kecepaan modem akan semakin nyaman karena akses data semakin epat sehingga akses internet tidak menjemukan. 

Saluran telepon merupakan sarana berikutnya. Jaringan telepon dirumah nantinya akan disambungkan melalui modem ekssternal maupun internal. Saat ini dapat juga menggunakan telepon seluler dan hampir semua penyedia jasa telepon seluler sudah menyediakan jasa internet. 

Jika komputer dalam bentuk jaringan alat yang diperlukan seperti kabel UTP , konektor kabel RJ45, Wireless, ethernet card bisa berupa AG atau PCI, dan hub atau switching.

Sumber : Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk SMA kelas XI, Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar