Jumat, 03 Januari 2014

PERAN SERTA PENERAPAN APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PELAJAR DALAM MENULIS



Pendidikan kini dipandang sebagai suatu aktivitas yang bersifat antisipatoris, yang terarah untuk menyongsong perkembangan-perkembangan yang terjadi di masa depan. Salah satu kecenderungan yang terlihat  jelas adalah dinamika kehidupan manusia dewasa ini yaitu perubahan-perubahan yang dihasilkan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlangsung begitu cepat. 


Karena dari sinilah kemajuan teknologi semakin berkembamg dan beragam fungsinya. Implikasi dari segenap perubahan yang terjadi memengaruhi aspek pendidikan.Pemerintah dan lembaga pendidikan dituntut untuk merancang sistem pendidikan yang lebih kreatif, dinamis dan responsif terhadap perubahan serta kecenderungan-kecenderungan yang sedang berlangsung. 


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video yang sering digunakan dalam dunia informatika, dan kreativitas adalah orisinalitas, artinya bahwa produk, proses, atau orangnya, mampu menciptakan sesuatu yang belum diciptakan oleh orang lain. Kreativitas tidak hanya membutuhkan keterampilan dan kemampuan, kreatifitas juga membutuhkan kemauan atau motivasi. Peran multimedia dalam hal ini menjadi wadah untuk mencurahkan atau sebagai perantara untuk menuangkan ide untuk menciptakan sesuatu yang baru. 


Multimedia sangat berperan penting untuk pelajar. Bagaimana tidak multimedia mendorong pelajar untuk selalu berkarya dan berkembang sejajar dengan perkembangan teknologi sekarang. Dengan adanya multimedia pelajar tidak akan tertinggal dari info-info terbaru tentang perkembangan zaman sekarang ini. Para pelajar kini saling bersaing untuk menuangkan ide dan menciptakan inovasi baru. Mereka bisa menciptakan, bisa mengembangkan karya dengan adanya multimedia. 


Dengan browsing, pelajar mengembangkan ilmu yang dimiliki untuk menuangkan pengalaman pribadi yang dimiliki untuk mewujudkan kreativitas yang telah lama terpendam. Walaupun telah ada karya-karya yang tercipta namun itu tidak menjadi sebuah alasan untuk menyerah begitu saja, justru pelajar akan lebih berfikir bagaimana bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari karya yang telah ada dan  menjadi sebuah motivasi untuk selalu  berkreasi mencari dan menuangkan ide-ide baru. 


Multimedia banyak mendukung dalam peningkatan kreativitas pelajar. Dengan adanya multimedia pelajar lebih banyak mendapat ilmu dan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki dan guru menjadi motivator dari apa yang telah sebelumnya diakukan oleh pelajar. 
 

Pelajar sekarang tidak akan lepas dari multimedia baik di sekolah maupun diluar sekolah. Contohnya banyak pelajar berlomba-lobma membuat blog dan memodifikasi sebagus, semenarik dan semanfaat mungkin, tidak puas dengan hasil foto dari kamera hp para pelajar mengedit dengan aplikasi multimedia yang telah populer agar hasil foto lebih keren. Pelajar tidak enggan untuk mencoba walapun banyak yang telah menggunakannya. Mulai dari situlah pelajar akan berkembang mencoba membuat aplikasi yang lebih dari yang dicoba, dari pelajar yang tidak bisa menggunakan aplikasi dalam komputer dengan browsing berbagai cara menjalankan aplikasi dalam komputer akan lebih membuat pelajar aktif untuk mencoba sesuatu yang baru karena dari situlah kreatifitas pelajar akan berkembang.


Peran aplikasi multimedia memang sangat penting untuk mengembangkan kreativitas pelajar karena dengan adanya multimedia, pelajar akan lebih bersemangat untuk mencari dan mempelajari apa yang belum pernah mereka temui dan mengerti. Sebelum kita tidak dapat menikmati dan sebagai pelajar mengajak teman-teman memanfaatkan multimedia dan teknologi informasi untuk mengembangkan kreativitas yang kita miliki sehingga kita tidak menjadi manusia-manusia yang memiliki kemampuan dan daya saing di era globalisasi sekarang ini.


Penerapan Multimedia dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis


Tujuan Penerapan Multimedia dalam Menulis

mengetahui  sejauh mana penerapan  multimedia dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran menulis, serta  memberikan suatu wawasan baru dalam  proses pembelajaran  dalam meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa


Penerapan Multimedia Dalam Menulis

Bahan ajar berbasis multimedia telah banyak digunakan sejalan dengan perkembangan yang pesat  dalam bidang teknologi informasi. Bahan ajar berbasis multimedia  mencakup konsep pengembangan, dan  kriteria media yang baik. Dewasa ini seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat menyambut era global dalam semua jenjang kehidupan, teknologi informatika  dengan cepat diakui dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Teknologi informasi digunakan oleh praktisi pendidik sebagai sarana media pembelajaran. Banyak ragam media pembelajaran yang bersumber dari teknologi informatika yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan.


Bahan ajar multimedia menurut  Rayandra Asyhar (2011;172-173) adalah media pembelajaran yang menggunakan perangkat komputer sebagai sarana untuk presentasi dalam bentuk  powerpoint, media interaktif melalui media ini peserta didik dapat  mempelajari materi  ajar  yang ada dalam CD/VCD yang dilengkapi dengan kuis untuk latihan dengan menggunakan bahan ajar tersebut peserta didik dapat berinteraksi dan dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tampa bantuan bantuan guru. Adapun  Vaughan (2004) mengatakan bahwa multimedia adalah sembarang kombinasi yang terdiri atas teks, seni grafik, bunyi , animasi dan video yang diterima oleh pengguna melalui hardware computer. Sejalan dengan hal di atas, Heinich (2005) menyatakan bahwa multimedia merupakan penggabungan atau pengintegrasian dua  atau lebih format media yang berpadu seperti teks, grafik, animasi, dan video untuk membentuk aturan informasi ke dalam system computer.Pendapat tersebut diperkuat oleh Azhar Arsyad (2011;171) bahwa  multimedia merupakan perpaduan dan kombinasi dua atau lebih jenis media (grafik, teks, suara, video, dan animasi) yang penekanankan kepada kendali komputer sebagai penggerak gabungan media tsb.


Penerapan multimedia dalam pembelajaran dikatakan oleh Hartoyo (2012;36-37) adalah sebagai bahan ajar/ tutorial dengan alat bantu computer- multimedia yang memungkinkan siswa mempelajari bahan ajar lebih fleksibel sesuai kebutuhan dikenal dengan computer-assisted learning (CAL). Menurut Sheirderman dalam Hartoyo dikemukakan bahwa beberapa penerapan multimedia  dalam pendidikan antara lain untuk materi pembelajaran,manual perbaikan dan perawatan, jurnal, abstrak dan indeks ilmiah, catalog/ petunjuk, jadual dan peta geografis, pemberian informasi secara on-line. Melalui penerapan antara computer dan multimedia  sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran karena siswa sangat dibantu dalam menentukan bahan ajar secara individu yang dibutuhkannya sesuai dengan apa yang yang diminatinya dan tidak tergantung pada guru ataupun orang tuanya. Dengan penggabungan beberapa media dan system multimedia pengembangan materi ajar lebih menarik khususnya untuk penanaman konsep tentang hal-hal abstrak yang membutuhkan alat bantu untuk memahaminya. Hartoyo (2012,37).


Mengamati beberapa pendapat diatas maka materi pembelajaran yang dikembangkan melalui perangkat komputer dan media lainnya seperti grafis, audio, animasi, video, gambar  akan memberikan daya tarik siswa untuk mempelajari suatu materi ajar secara on-line dan individu tampa tergantung pada guru dan orang tuanya. Berkaitan dengan  penerapan perangkat pembelajaran yang berbasis  teknologi informasi maka takkan terlepas dari proses pembelajaran melalui sarana elektronik maka munculah istilah E-learning  yang oleh beberapa ahli dikemukanan makna atau definisi E-learning. Menurut Effendi,dkk (2005;6-7) dikemukakan  bahwa sampai saat ini pemakaian kata E-learning digunakan pada semua kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer dan atau internet. Mengamati berbagai pendapat diatas maka penerapan multimedia dalam pembelajaran merupakan proses pembelajaran  yang memanfaatkan perangkat teknologi eloktronik computer, jaringan internet, audio, projector, grafis  yang dirancang dengan tujuan agar pembelajaran menarik siswa sehingga akan memunculkan daya kreatif  peserta didik.


Sumber :


http://widyar.wordpress.com/2012/07/24/penerapan-multimedia-dalam-meningkatkan-kreativitas-menulis-puisi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar