Minggu, 05 Januari 2014

PERANGKAT KERAS INTERNET



Bekerja dengan internet memerlukan perangkat pendukung yang baik. Semakin tingg spesifikasi komputer yang digunakan tentu semakin baik. Dengan spesifikasi pendukung hardware yang baik akan mempercepat proses akses.
Untuk mengakses komputer, komponen hardware yang dibutuhkan berupa :
-Processor Minimal pentium IV
-Ram 64 MB
-VGA card 4MB
-Sound card dan Multimedia
-CD ROM/CD-ROM Drive
-Harddisk minimal 10 GB
-Monitor SVGA
-Printer Desk Jet
-Scanner

Hub atau Switching
Hub atau Switching berfungsi menghubungkan dua komputer atau lebih. Hub hanya dibutuhkan jika kita membangun jaringan dengan menggunakan kabel UTP. Jika kita menggunakan kabel koaksial maka hub atau switching tidak diperlukan. Dengan hub maka koneksi antar satu komputer dengan komputer lainnya menjadi mudah karena seseorang tinggal memasukkan konektor RJ 45 kedalam port-port  yang dimiliki hub. RJ 45 dari server masuk ke hub, dan dari hub dihubungkan ke komputer-komputer lainnya. Walaupun hub menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain tetapi tidak seperti modem yang mampu menerjemahkan data analog ke data digital atau sebaliknya, tidak deikian dengan hub, atau switchng hanya menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

Kecepatan transmisi data atau support  data saat ini sudah dapat mencapai 100 megabit/detik.  Saat ini banyak tersedia hub dengan beberapa jumlah port seperti 4,10, 12, dan 24.

Repeater
Repeater diperlukan untuk menjaga agar proses support berjaan stabil dan tidak mengalami dalam jarak tertentu. Dengan pemasangan repeater maka sinyal-sinyal dapat ditangkap sesuai dengan keinginan. Jadi repeater seperti travo step up pada proses pengiriman arus listrik dijaringan PLN, sehingga untuk jaringan terbatas dan skala dalam satu ruangan repeater yang tidak diperlukan karena biasanya sinyal belum mengalami pelemahan.

Bridge
Bridge, alat yan betugas untuk ngirimkan paket-paket data. Bridge mempunyai keamanan yang lebih baik dibandingkn hub atau switching karena Bridge mampu membagi ke segmen-segmen dengan sistem filtering traffic.

Router
Router sering digunakan untuk mnghubungksn user-user LAN dengan internet, yang memiliki fungsi untuk routing atau memilih rute terbaik dalam jaringan, dibandngkn dengan bridge, maka router jauh lebih mahal karena fungsinya  lebih kompleks dan dapat berfungsi sebagai gateway sehingga router dapat mengkoneksikan jaringan yng berbed-beda. 

Sumber : Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk SMA kelas XI, Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar