Jumat, 03 Januari 2014

PARAMETER


Parameter merupakan suatu nilai atau refrensi yang dilewatkan kedalam rutin tertentu dan kehadirannya akan mempengaruhi proses maupun nilai yang terdapat didalam rutin itu sendiri. Parameter ditempatkan didalam tanda kurung setelah nama rutin bersangkutan. Setiap parameter yang dilewatkan harus memiliki tipe data tersendiri yang dapat berupa dari tipe dasar maupun bentukan seperti arrya, record atau pointer.

Melewatkan Parameter Berdasarkan Referensi
Definisi referensi didalam pemrograman tidak lain adalah suatu atau nama lain dari suatu variable yang mengacu ke alamat memori yang sama dengan variable tersebut. Dengan demikian melewatkan parameter berdasarkan referensi sering juga dinamakan dengan melewatkan parameter berdasarkan alamat. Sebenarnya untuk lebih memahami materi ini haruslah mengetahui terlebih dahulu konsep pointer. 

Pada cara ini tidak terjadi proses penyalinan nilai kedalam stack pada parameter formal suatu rutin, melainkan variable pada parameter formal akan mengacu ke alamat dari variable yang menyimpan nilai asli. Karena alasan itulah, apabila terjadi perubahan nilai didalam rutin, maka nilai aslinya juga akan berubah. Hal ini disebabkan karena kedua nilai tersebut sebenarnya satu variable sehingga alamat memori yang ditempati juga hanya satu. Proses pengeksekusian dari cara ini relative lebih cepat bila dibandingkan dengan pada saat kita melewatkan parameter berdasarkan nilai karena didalamnya tidak terdapat proses penyalinan terlebih dahulu.

Parameter Masukkan,Keluaran dan Masukkan/Keluaran
Menurut fungsinya, Parameter dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai masukan, keluaran atau keduanya. Berikut ini penjelasan masing-masing fungsi tersebut.

Parameter Masukan
Secara default parameter yang digunakan didalam sebuah rutin akan berperan sebagai masukkan, artinya nilai yang disimpan di dalam parameter tersebut akan dijadikan sebagai input untuk melakukan proses yang terdapat didalam rutin bersangkutan.Parameter jenis ini selalu dilewatkan berdasarkan nilainya. 

Parameter Keluaran
Parameter ini berfungsi sebagai penampung nilai hasil proses yang dilakukan oleh suatu rutin . Parameter jenis ini biasanya diimplementasikan didalam sebuah prosedur sebagai nilai kembalian. Hal ini disebabkan karena prosedur karena prosedur tidak dapat mengembalikan nilai secara langsung seperti yang dilakukan oleh fungsi. Berbeda dengan parameter masukkan yang dilewatkan berdasarkan nilai, parameter keluaran selalu dilewatkan berdasarkan referensinya. 

Parameter Masukkan/Keluaran
Parameter jenis ini merupakan gabungan dari jenis pertama dan kedua yaitu berperan sebagai masukkan sekaligus keluaran. Untuk mendefinisikan parameter sebagai parameter masukkan/keluaran, maka kita harus melewatkannya berdasarkan referensi. Konsepnya sebenarnya sederhana, pertama menggunakan nilai yang dikandung oleh parameter tersebut sebagai nilai masukkan untuk melakukan proses tertentu didalam sebuah rutin. Pada tahap ini, parameter akan berperan sebagai parameter masukkan. Selanjutnya nilai yang dihasilkan oleh proses didalam rutin tersebut disimpan kembali kedalam parameter tersebut. Disini parameter telah berganti peran sebagai parameter keluaran.

Selain 3 jenis parameter diatas, terdapat 2 parameter yang juga digunakan dalam pemrograman, yaitu:

Parameter Konstan
Pada kasus-kasus pemrograman tertentu terkadang kita menginginkan agar nilaii parameter yang kita lewatkan ke dalam rutin tidak dapat diubah. Untuk menjawab kasus ini, kita harus menuliskan parameter tersebut sebagai parameter konstan. Dalam bahasa pascal, kita harus menggunakan kata kunci const didepan parameter yang akan dijadikan sebagai parameter konstan.

Parameter Array Terbuka
Dalam bahasa C, di izinkan membuat fungsi yang jumlah parameternya dapat berubah-ubah pada saat pemanggilan fungsi tersebut. Bahasa pascal tidak mengizinkan hal itu, dengan kata lain dalam bahasa pascal banyaknya parameter formal dan parameter actual haruslah sama. Namun pascal telah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan hal yang sama seperti fitir yang terdapat dalam bahasa C tersebut, yaitu dengan menggunakan parameter array terbuka (open array).

Parameter array terbuka merupakan parameter berjenis array (dari tipe data apapun) dimana banyaknya elemen yang tidak diketahui. Dengan demikian, pada setiap pengumpulan fungsi, kita dapat mengubah jumlah parameternya.

Sumber : Teknik Pemrograman Pascal revisi ketiga, Budi Raharjo

1 komentar: